Posted by PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI Label:


NAMA: Umul Maghfiroh
NIM :   09410181
PAI C

RESENSI BUKU
Judul Buku    : Kritik Seni Wacana, Apresiasi dan Kreasi
Penulis            : Dr. Nooryan Bahari, M.Sn.
Penerbit          : Pustaka Pelajar
Tebal              : viii + 197
Cetakan          : 1
Buku ini membahas masalah kritik seni dan terdiri dari 7 bab yaitu:
 Bab I pendahuluan,  membahas tentang pengertian kritik seni, tujuan dan fungsi kritik seni, unsur kritik seni, dan aspek yang dikritik.
Bab II kebudayaan dan kesenian, membahas pengertian kebudayaan dan kesenian, pencampuran kebudayaan, perubahan kebudayaan dan  wujud kesenian.
Bab III Seni dan seni rupa, membahas tentang pengertian seni dan seni rupa, media dan teknik dalam seni rupa, fungsi dan nilai seni rupa, dan penggolongan jenis seni rupa.
Bab IV elementer kesenirupaan, membahas pengetahuan dasar seni, elemen seni rupa dan teori symbol (semiotika)
Bab V Corak dan Gaya seni, membahas aliran- aliran seni di Barat dan aliaran seni di Indonesia an Postmodern.
Bab VI apresiasi dan evaluasi, membahas  apresiasi meliputi empati dan distansi psikis, dan evaluasi meliputi metode dan persoalan dalam menanggapi karya seni.
Bab VII kriteria dan tipe kritik, membahas kriteria-kriteria kritik seni dan tipe-tipe kritik seni.

Kritik seni dalam di sini disebut dengan istilah “ulas seni”, “kupas seni” atau :bincang seni.  Jadi mengkritk seni berarti mengevaluasi atau meneliti karya seni. Kritik seni bertujuan memahami karya seni , menemukan suatu cara guna mengetahui apa yang melatarbelakangi suatu karya seni yang dihasilkan serta memahami apa yang ingin disampaikan pembuat karya seni. Sedangkan fungsi dari kritik seni yaitu sebagai jembatan antara karya seni dan penikmatnya, supaya orang yang melihat karya seni memperoleh informasi dan pemahaman yang berkaitan dengan mutu suatu karya seni dan menumbuhkan apresiasi serta tanggapan terhadap karya seni. Adapun unsur kritik seni terdiri dari  deskripsi, analisis formal, interpretasi dan penilaian. Aspek yang kritik meliputi gaya perseorangan, tema, kreativitas, dan teknik mewujudkan karya.
            Kebudayaan di sini adalah sebagai keseluruhan pengetahuan, kepercayaan dan nilai yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk sosial. Sedangkan kesenian merupakan suatu cara seseorang untuk mengekspresikan diri dan memenuhi kebutuhan estetika. Kebutuhan menikmati, mengapresiasi dan mengungkapkan perasaan indah disebabkan adanya sifat dasar manusia yang ingin mengungkapkan jati dirinya sebagai makhluk hidup yang bermoral, berselera,berakal, dan berperasaan. Dalam memenuhi kebutuhan estetik ini kesenian menjadi bagian intregal yang terpisahkan dalam kebudayaan. Kesenian merupakan unsur pengikat yang mempersatukan pedoman-pedoman bertindak yang berbeda menjadi suatu desain yang utuh, menyeluruh dan operasional serta dapat diterima sebagai sesuatu yang bernilai.
Seni adalah suatu keterampilan yang diperoleh dari pengalaman, belajar, atau pengamatan-pengamatan. sedangkan pengertian seni dalam artian jamak adalah pengetahuan budaya, pelajaran, ilmu pengetahuan serta suatu pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan atau keterampilan. keberadaan seni rupa adalah karena tampilnya unsur-unsur rupa atau unsur visual yang dapat dilihat secara fisik. Unsur-unsur itu antara lain garis, bidang, bentuk, ruang, warna, dan sebagainya. karya seni berfungsi sebagai inspirator jika karya tersebut menjadi sumber inspirasi bagi seniman dalam proses kreatifnya. Di samping itu, juga sebagai sarana informasi untuk mengetahui apa saja yang telah dibuat oleh seniman terdahulu.  Dari sudut pandang fungsi, karya seni terbagi menjadi 3 kategori yaitu seni murni, seni terap atau desain dan seni kriya.
Dasar kesenirupaan yang diperlukan dalam kritik seni adalah pengetahuan mengenai medium seni dalam pengertian luas yang meliputi isi dan tema karya seni dan dalam arti sempit terbatas mencakup bahan baku yang digunakan mengungkapkan isi dengan kelebihan dan kekurangan. Elemen seni rupa meliputi, garis, bidang, warna, tekstur, ruang dan volume, cahaya dan bayang-bayang dan sosok gumpal.  Teori simbolik merupakan salah satu pendekatan dalam memahami unsur rupa. Unsur tersebut bukan merupakansesuatu yang lepas atau berdiri sendiri, melainkan bagian dari kesatuan yang utuh dalam sebuah karya seni.
Ada berbagai macam aliran-aliran dalam gaya seni meliputi aliran-aliran di barat yaitu gaya barok, gaya rococo, naturalisme, realisme, romantisme, ekspressionisme, fauvisme, suprematisme, kubisme, dadaisme, surealisme, abstraksionisme, konstruktifisme, minimalisme, op art dan pop art. Adapun aliran-aliran di Indonesia dimulai denggan munculnya PERSAGI (Persatuan Gambar Indonesia) pada tahun 1937. Karena dalam PERSAGI-lah muncul seni rupa Indonesia modern, dan merupakan organisasi modern pertama yang secara terartur berusaha untuk mengembangkan seni rupa Indonesia modern.
Mengapresiasi adalah sebuah proses untu menafsirkan sebuah makna yang terkandung dalam karya seni.  Seni bukanlah sebatas benda seni, tetapi nilai-nilai sebagai respons estetik dari publik melalui proses pengalaman seni. Ada berbagai metode dalam menanggapi karya seni yaitu metode induktid, metode empati,  dan metode interaktif. Ada tiga persoalan pokok dalamfilsafat seni, yaitu benda seni sebagai hasil proses kreasi seniman, pencipta seni dan penikmat seni.
Memahami tentang kriteria dan tipe yang mencakup menegakan penilaian karena setiap periode kelahiran karya seni mempunyai standar atau kriterianya sendiri. Standar kesnian masa lalu tidak dapat diterapkan untuk masa kini. Jika ingin menilai karya seorang seniman, mak terlebih dahulu harusa dapat menentukan kaitan antara seniman dan standar jamannya.  Ada 4 tipe-tipe kritik seni yaitu kritik jurnalistik, kritik pedagogik,  kritik ilmiah dan kritik populer.
Begitulah sedikit kupasan buku kritik seni. Buku kritik seni berguna membaca agar mengetahui seni dan berekspresi dengan seni. Buku ini memiliki kelebihan yaitu bahasanya yang mudah dipahami dan terdapat sedikit rangkuman dalam setiap babnya sehingga mempermudah pembaca dalam memahami. Buku ini juga layak dibaca untuk pembaca untuk menambah pengetahuan tentang kritik san kriteria dan tipe kritik.

5 komentar:

  1. Nurul

    aliran-aliran dalam gaya seni yang ada di barat yang sudah dituliskan cukup banyak dan menggunakan istilah asing. penjelasannya dari masing-masing gaya tersebut bagaimana??

  1. PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

    Siti Maesaroh

    Dalam bab VI. membahas apresiasi yang meliputi empati dan distansi psikis....
    Penjelasan dari distansi psikis itu apa.???

  1. umul maghfiroh

    hem... untuk aliran naturalisme itu lebih menekankan seni yang sesuai dengan keadaan yang ada di alam. abstraknisme yaitu aliran gaya seni yang dalam mengekspresikannya dengan abstrak hasil dari kreasi dan imajinasi pembuat seni seperti lukisan abstrak atau patung abstarak yang dari seni itu terdapat suatu nilai estis dan estetis tersendiri. jadi lukisan itu tidak hanya bentuk benda orang atau lainnya akan tetapi benda abstrak yang memiliki makna tersendiri. romantisme yaitu aliran gaya seni yang menitik beratkan pada curahan perasaan emosional terhadap fenomena alam. ekspresionisme yaitu aliaran gaya seni yang secara bebas seniman dapat mengekspresikan seni sesuai dengan dirinya. untuk lebih jelasnya silakan baca bukunya. karena tak mungkin saya jelaskan satu persatu di sini karena saking banyaknya.terimaksih.....

  1. umul maghfiroh

    distansi artina jarak. berarti distanci psikis artinya jarak psikis.jadi dalam mengapresiasikan seni tidak mudah untuk mengambil nilai-nilai yang da di dalam seni tersebut tergantung dari si penikmatnya seberapa dekat dia dapat menghayati dari seni tersebut semua tergantung pada tingkat emosinal si penikmat seni.

  1. PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

    dari coment teman2 q yakin Mbk Umul dah dapat lesson learn bl istilah baru musti diberi penjelasan..btw cukup bagus reviewx. lbh ok bl da end note, kesalahan ketik bs diperhatikan, n lbh mengkritisi pesan utama buku,tq

Posting Komentar