Diskusi Kelompok 1

Posted by PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI


Menganalisis  nilai, fungsi dan karakteristik  dalam Seni rupa lukisan “Indonesia Pusaka”  2009

(Turyati, Siti Maesaroh, Siti Nurkasanah,Fitri Utami, Dwi Puji Lestari,Ulfa Sangadah, Tri Suyanti, Masnawati Fitriyah, Taufik Arif Mulyadi, Tri Santoso, Muhammad Mizan, Muh. Ma'sum S, Nurul Mahfudhoh, Ria Nurhayati,Ridwan Vendi.A, )

1.  Nilai

Dari lukisan itu kita akan mendapat pesan tentang adanya multikuturalisme (bineka tunggal ika) serta nasionalisme yang tergambar dari lukisan latar peta Indonesia dan senjata yang ada beragam baik ukuranya maupun asal daerahnya,senjata yang dipilih melambangkan kekuatan dan keberanian dalam melawan musuh. Symbol persatuan dan ukhuwah.

2. Fungsi

Pendidikan : diharapkan peserta didik akan dapat mengenali budaya yaitu berupa senjata –senjata dari nusantara. Sehingga pengetahuan peserta didik akan bertambah dan semakin kaya.dari lukisan itu kita akan belajar tentang persatuan, lukisan itu disatukan menjadi satu dalam sebuah lukian.
Budaya : menunjukkan bahwa melestarikan hasil karya, menunjukkan identitas bangsa dengan memperkenalkan pusaka bangsa.
Pribadi: keindahan
Ekonomi : dapat dijual dan menghasilkan uang

3.   Karakteristik

Lukisan ini dapat dimasukkan dalam seni budaya Islam karena lukisan ini tidak menyimpang dari syari’at Islam, bahkan dalam lukisan itu tercermin nilai- nilai yang mulia seperti persatuan: ukhuwah, nasionalisme dan keberagaman.
Lagipula lukisan itu bukan untuk digunakan sebagai sesembahan.

3 komentar:

  1. PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

    lukisan merupakan karya seni yang berbentuk visual. lukisan "Indonesia Pusaka" menggambarkan betapa kayanya negeri ini,kaya dalam suku/ras yang bersatu dalam NKRI (bhineka tunggal ika). sehingga, nilai lukisan tersebut sungguh luhur, abadi, dan dalam. jika semua orang dapat melihat dan menghayatinya (lukisan tersebut), maka bukan tidak mungkin konflik yang saat ini ada bisa segera diselesaikan. kerukunan antar warga negara dapat terjalin, baik sesama muslim maupun tidak. semoga saja,......amin,.

    by : wahyu wijayanta (09410135)

  1. PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

    good breeding Wahyu...mana yg lain

  1. umul maghfiroh

    Islam adalah agama yang cinta akan perdamaian. walaupun kita berbeda suku, ras, agama akan tetapi kita harus bersatu. karena damai itu indah.

Posting Komentar