Posted by PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI


Nama               : Imam Masyhuri
NIM                : 09410269

Judul Buku      : Pendidikan Apresiasi Seni
Penulis             : Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial Universitas Muhamadiyah Surakarta
Penerbit           : UMS
Tahun              : 2004
Kota                : Surakarta
Tebal                : 351 halaman
            Pluralisme (keanekaragaman budaya) adalah suatu keniscayaan. Ia pasti didapati pada setiap masyarakat di mana pun. Teristimewa saat ini, ketika teknologi transportasi dan komunikasi telah mencapai kemajuan sangat pesat.
            Pada intinya proses berjalannya pendidikan akan mencapai kesuksesan jika didukung dengan berbagai sarana prasarana. Salah satunya dengan seni. Jadi seni di dalam buku ini dijelaskan bahwa seni sangat berpengaruh pada kemajuan pendidikan.
            Buku Pendidikan Apresiasi Seni (wacana dan praktik untuk Toleransi Pluralisme Budaya) karya PSB UMS membahas tentang urgensitas seni bagi pendidikan di Indonesia. Karena bangsa ini kaya akan keragaman dari berbagai sudut. Oleh karena itu pemahaman tentang pendidikan seni akan mendukung proses pembelajaran kelas.
            Pendidikan Indonesia selama ini lebih menomor-satukan ilmu-ilmu eksakta (matematika, kimia, fisika) dan teknologi. Seolah-olah semua anak didik akan menjadi ahli dalam bidang ilmu itu. Padahal, pastilah tidak semua anak yang betul-betul mempunyai kemampuan dalam bidang di atas. Bisa jadi di antara mereka akan menjadi ahli lainnya. Seperti, agama, hukum, politik, ekonomi, dan bahkan mungkin seniman.
            Khusus pendidikan kesenian akan bermanfaat untuk membentuk kecerdasan emosional peserta didik. Menurut Suwaji Bastomi (1990) kesenian dan keindahan menyiratkan nilai rasa dalam arti luas. Karena dalam hidup ini ada banyak hal yang tidak mungkin dipecahkan oleh akal, akan tetapi dapat diselesaikan oleh perasaan.
            Kelebihan buku ini banyak menyampaikan bahasan pendidikan seni bagi pluralitas bangsa Indonesia. Sebagai seorang pendidik atau pengamat pendidikan perlulah membaca dan memahami buku ini. Bahasa yang digunakan lumayan bisa dipahami untuk kalangan mahasiswa.
            Sedangkan kekurangan dari buku ini mungkin terletak pada kurang adanya pembahasan fakta yang sedang terjadi di masyarakat.

2 komentar:

  1. PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

    dwi puji lestari
    09410066
    pai-c
    kalau begini solusi pluralisme adalah integrasi seni dalam pendidikan..
    okee good luck kawan.. ayoo sebagai guru kita mulai dari dri kita sendiri:)

  1. umul maghfiroh

    mungkin bisa dibahas di review saudara bagaimana pendidikan seni bagi pluraitas bangsa indonesia. Penjelasan dalam review saudara terlalu singkat.. tapi good luck buat saudara..

Posting Komentar