RESENSI BUKU
Posted by
PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, DAN
MASYARAKAT MADANI INDONESIA
RESENSI BUKU
Oleh: Enni Purwanti (09410176)
Identitas Buku
Judul buku :
Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia
Pengarang :
Prof, Dr. H.A.R. TILAAR, M.Sc.Ed.
Penerbit
: PT Remaja Rosdakarya
Tahun terbit : 2002
Tempat terbit : Bandung
Tebal
buku : xi + 251 halaman
Isi Buku
Dalam karyanya yang berjudul “Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat
Madani Indonesia” ini, Prof, Dr. H.A.R.
TILAAR, M.Sc.Ed membahas mengenai proses pendidikan yaitu suatu bentuk
pemanusiaan manusia berbudaya Indonesia yang berakar pada budaya bangsa dalam
membawa manusia dan masyarakat Indonesia ke dalam masyarakat madani Indonesia.
Selain itu buku ini juga membahas tentang apa itu hakikat pendidikan, hakikat
kebudayaan, dan keterkaitan antara keduanya.
Pendidikan,
kebudayaan dan masyarakat merupakan tiga hal yang tidak akan pernah lepas dari
kehidupan manusia. Ketiganya menciptakan suatu hal yang saling berkaitan dengan
nilai-nilai. Oleh sebab itu, pendidikan tidak akan pernah lepas dari kebudayaan
dan hanya dapat terlaksanana dalam suatu masyarakat.
Pendidikan merupakan suatu proses menaburkan benih-benih budaya dan
peradaban manusia yang hidup dan dihidupi oleh nilai-nilai atau visi yang
berkembang dan dikembangkan di dlam suatu masyarakat.
Kebudayaan
merupakan dasar dari praksis pendidikan, maka bukan saja seluruh proses
pendidikan berjiwakan kebudayaan nasional, tetapi juga seluruh unsur kebudayaan
harus diperkenalkan dalam proses pendidikan. Hal ini berarti kesenian, budi
pekerti, sastra juga pendidikan jasmani. Kemudian pendidikan nasional harus
dilandasi oleh kebudayaan nasional. Keterkaitan yang erat antara pendidikan dan
kebudayaan nasional karena bukan saja untuk menentukan bahwa pendidikan
nasional berdasarkan kebudayaan nasional , tetapi juga kebudayaan nasional
perlu diwujudkan atau dikembangkan melalui pendidikan nasional.
Dalam buku ini dijelaskan pula
keterkaitan antara manusia yang berpendidikan dan manusia yang berbudaya.
Para pakar berpendapat bahwa manusia yang berpendidikan sama artinya dengan
manusia yang berbudaya. Adapun perbedaan dari pengertian keduanya yaitu,
manusia berpendidikan diartikan sebagai manusia yang telah berkembang kemampuan
intelektualnya karena pendidikan. Sedangkan seorang yang menguasai dan
berperilaku sesuai dengan nilai-nilai budaya, khususnya nilai-nilai etis dan
moral yang hidup dalam kebudayaan tersebut.
Proses pendidikan yang berakar dari
kebudayaan, berbeda dengan praksis pendidikan yang terjadi dewasa ini yang
cenderung mengalenasikan proses pendidikan dari kebudayaan. Kita memerlukan
suatu perubahan paradigma untuk mewujudkan cita-cita era reformasi yang tidak
lain adalah membangun suatu masyarakat madani Indonesia. Oleh
sebab itu paradigma yang baru pendidikan nasional harus diarahkan demi
terbentuknya masyarakat madani Indonesia tersebut.
Kelebihan : Buku ini,
menyajikan pengetahuan tentang pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani,
dengan di dalamnya dijelaskan berbagai teori-teori pengiringnya secara lengkap.
Kekurangan : Buku ini penjelasannya terkesan di
ulang-ulang. Dari segi bahasanya, penggunaan bahasa dalam buku ini kurang baik,
bahasanya tingkat tinggi, jadi ada beberapa bagian yang bahasanya sulit untuk
dipahami.
3 komentar:
penjelasan saudara tentang hubungan antara pendidikan,kebudayaan dan masyarakat madani belum dapat saya pahami,tolong jelaskan lebih lanjut, by nisa nurjanah 09410138
Menurut buku yang anda resensi, gambaran masyarakat madani ditinjau dari aspek pendidikan dan kebudayaan itu seperti apa?
From: Masnawati F (09410054)
buku ini membahas kaitan antara pendidikan dan kebudayaan,. mungkin bisa lebih dijelaskan bagaimana wujud keterkaitan itu?
#vina Tafrikhasari 09410179
Posting Komentar