Posted by PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

NAMA      :MOH. AMIR KHOLID
NIM         : 09410115
KELAS     : PAI C


REVIEW BUKU
Judul Buku        : Seni di Dalam Peradaban Islam
Pengarang         : Muhammad Abdul Jabbar
Kota Terbit       : Bandung
Penerbit            : Pustaka
Tahun Terbit      : 1988
Tebal Buku       : 153 halaman
Cetakan           : 1

BAB 1
PENDAHULUAN

Kedudukan seni dalam kebudayaan islam yang di karang oleh Muhammad Abdul Jabbar ini cukup lengkap pembahasannya. Dalam daftar isinya antara lain : kedudukan seni dalam kebudayaan, keindahan menurut al-ghozali, music religius islam, muslim dan tashwir, kehalalan seni lukis dimasa awal islam, seni rupa muslim, islam dan arsitektur, dan, corak islam dalam arsitektur spanyol dan amerika latin. Buku ini sangat baik untuk cocok untuk dijadikan  bahas refrensi tentang membahas kesenian  yang ada di Indonesia terutama kesenian Islam yang sangat fenomenal dan banyak yang perbedaan tentang pendapat mana yang halah dan yang haram.

BAB II
PEMBAHASAN

Bab I: Kedudukan seni dalam kebudayaan
Menyimpulkan bahwa setiap Negara islam, memiliki kebudayaan nasional, demikian pula semua Negara. Islam memiliki peradaban Islam yang umum. Seni Islam adalah pernyataan dari peradaban, dan bukan pernyataan kebudayaan

Bab II : Keindahan menurut AL-Ghazali
Disimpulkan  bahwa terdapat gagasan yang mempunyai pengaruh yang sama atau bahkan lebih besar dari tulisan keagamaan yang lainnya. Namun demikian, kehadiarn buku karangan al-Ghazali itu sangat penting dan mesti dipertimbangkan didalam penilaian kita tentang seni muslim.
Bab III : Musik religius muslim
Menyimpulkan bahwa dengan nyayian atau music religi, kita akan memperoleh kegembiraan sosial dan kepuasaan kepuasan religi dalam nyanyian bersama. Setiap orang melahirkan (mengungkapkan) makna religi yang dalam paduan  suara yang mendesak ditengah-tengah rakyat banyak.

Bab IV : Muslim dan Tashwir
Bahwa kaum muslimin telah memecahkan masalah mereka terhadap soal gambar, dan mengganti haluan pemikiran mereka pada suatu saat dan untuk selamanya terhadap pertanyaan yang mereka butuhkan tentang lukisan Islam, para siswa yang menekuni peradaban Islam tidak dapat mengabaikan peradaban lukisan yang indah dari para seniman muslim pada masa klasik dan masa yang yang sesudah klasik.

Bab V: Kehalalan seni lukis di masa awal Islam
Mohon maaf buku yang kami pinjem ada yang hilang di bab ini, sehingga penulis tidak bisa meriview.
Mohon pembaca harap maklum.

Bab VI :Seni rupa Muslim
Bahwa obsesi kaum muslim terhadap abstraksi merupakan hasil ajaran islam, dan hal itu menemukan bentuk ekspresi utamanya dalam kerinduan mistis pada Tuhan. Psikologi yang diajarkan Islam meresap dan memanifestasikan dirinya dalam setiap lingkungan seninya. Bagian yang yang besar yang dimainkan oleh gagasan mistis dan puisi. Volume puisi mistis dan kepopuleran mistikisme dalam pokok iIslam adalah sejalan, yaitu semangat mengekspresikan dirinya sendiri dalam semua jalan dimana para genius Muslim mencoba untuk menemukan suatu ekspresi.

Bab VII : Islam dan arsitektur
Bahwa hubungan Islam dan arsitektur adalah
Ø    Diseluruh dunia muslim, kesatuan arsitektur merupakan salah satu dari segi kesatuan arsitektural merupakan salah satu segi dari kesatuan umat dibawah Islam. Karakteristik gaya-gaya arsitektur yang terdapat diseluruh dunia Muslim itu dilengkapidan diilhami oleh Islammerupakan sesuatu kekurangan yang mengerikan apabila Islam mengabaikan pengaruh arsitektur masyarakat.
Ø    Pihak yang yang berpandangan keliru, yaitu orang muslim dan orientalis yang berpengang teguh pada tesis, bahwa tidak ada hubungan Islam dan arsitektur.

Bab VIII: Corak Islam dalam arsitektur Spanyol dan Amerika latin
Bahwa dalam bidang seni dan arsitektur, hasil praktis dari adanya gerakan kebudayaan tersebut berupa penyempurnaan corak serta tema artistic, yang secara intim menafsirkan cita-cita Islam kedalam rinci-rinci (details) pembuatan barang kerajinan serta arsitektur.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan:
·    Kelebiahan buku ini yaitu isi dari buku ini membahas kesenian lebih detail baik di Indonesia maupun luar negeri yang sesuai dengan ajaran kesenian Islam.
·    Bahasa yang digunakan simple, dan mudah dipahami oleh pembaca
·    Dilengkapi dengan footnoot dari arti kata-kata asing
Kekurangan:
·    Fotnot yang dutulis terlalu panjang
·    Penulisan footnoot secara lengkapnya tidak menjadi satu halaman dengan kata-kata dari sumber-sumber refrensi
·    Dalam fotokopian terdapat pembahsan yang hilang sehinng perlu ditambahkan supaya lesih jelas

PENUTUP
Demikian review yang saya buat. Mudah-mudahan dengan adanya review yang saya buat bisa bisa bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada kesalahan dan kekurangan penulis minta kritik dan saran supaya penulisan yang selanjutnya tidak akan terulang kembali kesalahan yang sama




4 komentar:

  1. PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

    dwi puji lestari
    09410066
    pai-c
    saya maklumi sadara amir, tpi lain kali yang lengkap jika menyajikan reviewnya,
    semoga perdebatan halal haram dalam buku ini tidak menyebabkan berkurangnya semangat generasi bangsa untuk mengembangkan seni:)

  1. Z4iN Oemam

    zainul umam
    09410105

    memang bnenar apa yang di katakan dwi, kita tidak usah memperdebatkan halal haram seni dalam islam.. dengan menggunakan seni justru umat islam akan semakin maju dan berkembang serta dengan seni pula umat islam tidak mengalami kemunduran dengan negara barat.

  1. PAI C UIN SUKA BUDAYA SENI

    ika agung s
    09410103

    sudah bagus resensi yang anda buat namun dalam bab V kurang ada kejelasan, oleh karena itu hendaknya penulis mencari buku yang lebih lengkap karena akan membuat pembaca menjadi bingung dan penyampaian materi menjadi setengah-tengah padahal dalam bab V merupakan pembahasan yang menarik karena berkaitan dengan diperbolehkan atau tidaknya seni dalam Islam.

  1. http://rahmadfitriyanto.blogspot.com

    Rahmad f
    Wah kok bisa hilang halaman bab V
    Seharusnya penulis bisa mencari buku yang lainnya karena pembahasan di buku ini sangat menarik menyangkut tentang perdebadatan antara halal dan haramnya dalam seni Islam .....

Posting Komentar